PENDAFTARAN PT2

11 Desa di Jombang Terendam Banjir


PREDIKSI ANGKA IKUT - Hujan deras seharian mengakibatkan sejumlah sungai besar di Kabupaten Jombang, meluap. Hingga kini tercatat 11 desa di 3 kecamatan terendam banjir.

Banjir salah satunya terjadi di Desa Kademangan, Mojoagung. Pantauan detikcom di lokasi, hingga pukul 00.30 WIB, ketinggian air di kampung ini mulai selutut orang dewasa hingga 2,5 meter.

"Hujan mulai jam 2 siang hingga jam 7 malam tadi. Air mulai masuk ke rumah-rumah warga jam 5 sore tadi," kata Sriyati (64), salah seorang korban banjir Desa Kademangan kepada detikcom di tempat pengungsian, Rabu (20/12/2017).

Istri Sumiran (75) ini menuturkan, air yang masuk ke dalam rumahnya mencapai paha orang dewasa. Ddia bersama suami dan seorang cucunya memilih mengungsi di kantor Desa Kademangan.

"Bangunan rumah saya cukup tinggi, kalau di rumah warga lain lebih parah," ujarnya.

Sebelum bergabung dengan ratusan pengungsi lainnya di kantor Desa Kademangan, Sriyani lebih dulu menyelamatkan harta benda miliknya agar tak rusak terendam air.

"Barang-barang sudah saya naikkan, semoga aman," cetusnya.

Sekretaris BPBD Jombang Ahmad Saikhul Jabara menjelaskan, banjir di Desa Kademangan akibat meluapnya Sungai Gunting dan Catakbanteng. Intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu dan hilir membuat kedua sungai tak mampu menampung debit air. Desa ini memang diapit oleh aliran kedua sungai yang berhulu di Kecamatan Wonosalam tersebut.

"Di Desa Kademangan terdapat 624 rumah warga yang terdampak, ketinggian air 70 cm-2,5 meter," terangnya di tempat pengungsian.

Banjir ini, kata Saikhul, memaksa 320 warga Desa Kademangan mengungsi. Evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet dan ban dalam mobil.

"Pengungsian kami pusatkan di kantor Desa Kademangan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Saikhul, banjir juga merendam 5 desa lainnya di Kecamatan Mojoagung. Meliputi Desa Kedunglumpang, Wonoayu, Mancilan, Betek dan Karobelah.

"Untuk ketinggian air dan jumlah rumah warga yang terdampak belum bisa kami pastikan karena kami belum meninjau ke sana," sebutnya.

Saikhul menuturkan, banjir malam ini juga merendam 4 desa di Kecamatan Mojowarno akibat meluapnya Sungai Catakbanteng. Antara lain Desa Mojojejer, Gerobogan, Karanglo dan Catakgayam. Selain itu, Desa Tebel di Kecamatan Bareng juga terendam banjir.

"Ketinggian air rata-rata 40 cm, informasi yang kami terima, banjir belum samapi masuk ke rumah warga. Memang paling parah di Desa Kademangan," tandasnya. Denikian berita ini diberitakan oleh PREDIKSI ANGKA IKUT
Anonim
Anonim

Previous
Next Post »